Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sederhana Memperbaiki Mouse Mac

 

Kepoingue.com - Jika mouse kamu berhenti bekerja di Mac kamu, berikut adalah cara untuk membuatnya berfungsi normal kembali. Kamu kesulitan membuat mouse kamu berfungsi dengan benar di Mac? Baik itu Magic Mouse atau Bluetooth pihak ketiga, nirkabel, atau mouse berkabel, kamu pasti akan mengalami masalah mouse di beberapa titik.

Di bawah ini, kamu akan menemukan beberapa tip dan perbaikan yang akan membantu mouse berfungsi dengan baik di Mac lagi.

Sebelum kamu Mulai: Aktifkan Tombol Mouse

Tombol Mouse adalah fitur aksesibilitas yang memungkinkan kamu menggunakan keyboard untuk menavigasi di sekitar macOS. Jika tidak memiliki perangkat input lain (seperti trackpad), mungkin ingin mengaktifkannya sebelum mengerjakan beberapa perbaikan yang mengikuti.

Mulailah dengan menekan Cmd + Option + F5 untuk membuka menu Accessibility Shortcuts. Kemudian, tekan tombol Tab berulang kali untuk menyorot option Mouse Keys. Tekan Space untuk memilihnya, diikuti oleh Esc untuk menyimpan perubahan.

Dengan Tombol Mouse diaktifkan, gunakan tombol 7, 8, 9, U, O, J, K, dan L (atau tombol 7, 8, 9, 4, 6, 1, 2, dan 3 pada numpad) untuk bergerak kursor di sekitar. kamu dapat menggunakan tombol I (atau tombol 5 di papan angka) untuk meniru klik mouse.

Memperbaiki Mouse Matikan dan Nyalakan Bluetooth Mac

Jika menggunakan mouse Bluetooth, coba nonaktifkan dan aktifkan kembali Bluetooth di Mac. Itu biasanya membantu menyelesaikan gangguan kecil yang mencegah mouse terhubung. Untuk melakukan ini:

Buka menu status Bluetooth dari bilah menu. Jika tidak melihatnya, buka Control Center dan perluas kontrol Bluetooth. Matikan sakelar di sebelah Bluetooth. Tunggu beberapa detik dan hidupkan kembali.

Jika mouse tidak terhubung secara otomatis, pilih dari bagian Devices di menu status Bluetooth.

Lepas dan Sambungkan Kembali Penerima USB

Jika menggunakan mouse nirkabel standar, coba putuskan sambungan penerima USB, boot ulang Mac, dan sambungkan kembali penerima. Itu bisa menyelesaikan masalah apa pun dengan perangkat.

Jika menggunakan hub USB, kamu juga harus mencoba menghubungkan receiver langsung ke port USB di Mac itu sendiri. Itu harus memastikan penerima USB memiliki daya yang cukup untuk berfungsi dengan benar.

Isi Ulang atau Ganti Baterai Mouse

Apakah kamu baru-baru ini mengisi ulang atau mengganti baterai mouse? Baterai yang hampir habis dapat mencegah mouse untuk terhubung ke komputer. Meskipun terhubung, mungkin mengalami perilaku kursor yang tidak dapat diprediksi.

Jika menggunakan Magic Mouse 2, coba isi ulang melalui port Lightning setidaknya selama 15 menit. Jika tidak melihat port pengisian daya (yang merupakan kasus dengan Magic Mouse asli), lepaskan penutup kompartemen baterai dan ganti baterai (atau baterai) di dalamnya.

Matikan dan Hidupkan Tombol Daya Mouse

Mematikan dan menghidupkan kembali mouse adalah cara lain untuk menambal perangkat yang tidak berfungsi. Cari tombol On / Off biasanya dapat menemukannya di sisi bawah mouse.

Untuk mouse Bluetooth (seperti Magic Mouse), mungkin perlu menyambungkannya secara manual melalui menu status Bluetooth (seperti yang disebutkan di atas) setelah menyalakannya kembali.

Pasangkan Lagi Mouse Bluetooth Dengan Mac

Jika menggunakan Magic Mouse atau mouse Bluetooth lainnya, lepaskan dari Mac dan coba pasangkan lagi:

Buka menu Apple dan pilih System Preferences.

Pilih Bluetooth.

Control-klik mouse Bluetooth dan pilih Remove.

Pilih Remove lagi.

Putar mouse Bluetooth, tunggu sebentar, lalu hidupkan kembali.

Pilih tombol Connect untuk memasangkan mouse dengan Mac lagi.

Periksa Preferensi Mouse Mac

Apakah kursor bergerak sangat lambat di Mac? Apakah menurut kamu tidak mungkin untuk melakukan klik kanan pada Magic Mouse? Apakah mouse bergulir ke arah yang salah? Dalam kasus ini, kamu harus menuju ke panel preferences di Mac dan memastikan semuanya dikonfigurasi dengan benar:

Buka menu Apple dan pilih System Preferences.

Pilih Mouse.

Gunakan opsi konfigurasi dalam preferensi Mouse untuk menentukan cara kerja mouse.

Misalnya, jika menggunakan Magic Mouse, centang kotak di sebelah Secondary click untuk mengaktifkan klik kanan, atau seret penggeser di bawah Tracking speed untuk menentukan seberapa cepat kursor bergerak di layar.

kamu juga dapat beralih ke tab More Gestures untuk mengaktifkan dan menonaktifkan gerakan Magic Mouse.

Instal Perangkat Lunak Dukungan untuk Mouse Pihak Ketiga

Jika menggunakan mouse pihak ketiga, mungkin perlu perangkat lunak yang diinstal agar berfungsi dengan benar. Misalnya, aplikasi Logitech Options menyediakan pengaturan tambahan untuk membantu mengonfigurasi cara kerja mouse Logitech di Mac.

Cari situs web produsen (Logitech, Dell, HP, dll.) Untuk download driver atau perangkat lunak, dan instal perangkat lunak pendukung untuk mouse yang tersedia.

Debug Modul Bluetooth di Mac

Jika terus mengalami konektivitas atau masalah lain dengan mouse Bluetooth, harus men-debug modul Bluetooth di Mac. Ikuti langkah ini:

Tekan dan tahan tombol Shift dan Option secara bersamaan dan buka menu status Bluetooth. akan melihat lebih banyak detail dan opsi dari biasanya.

Pilih opsi Reset the Bluetooth module. Pilih OK.

Mac akan men-debug modul Bluetooth secara otomatis. Karena itu, mouse (serta perangkat Bluetooth lainnya) akan terputus, kemudian menyambungkan kembali setelah beberapa detik. Jika itu tidak terjadi dengan benar, coba mulai ulang Mac.

Perbarui Perangkat Lunak Sistem di Mac

Periksa apakah Mac memiliki pembaruan perangkat lunak sistem yang tertunda dan instal. Itu seharusnya memperbaiki bug yang diketahui atau masalah lain yang mencegah mouse berfungsi dengan benar.

Berikut cara memeriksa pembaruan:

Buka menu Apple dan pilih System Preferences.

Pilih Software Update.

Pilih Update Now untuk menginstal pembaruan yang tersedia.

 

Hapus File Daftar Properti Mouse

Menghapus file Daftar Properti (PLIST) yang berisi preferensi mouse dan pengaturan konfigurasi adalah cara lain untuk memperbaiki mouse yang tidak berfungsi. Meskipun seharusnya tidak merusak apa pun, ini adalah langkah yang lebih drastis daripada langkah di atas.

Buka Finder dan pilih Go > Go to Folder.

Ketik ~/Library/Preferences dan pilih Go.

Pilih file berikut dan pindahkan ke Sampah:

com.apple.AppleMultitouchMouse.plist

com.apple.driver.AppleBluetoothMultitouch.mouse.plist

com.apple.driver.AppleHIDMouse.plist

Setelah ini, mulai ulang Mac. Ini kemudian akan secara otomatis membuat ulang file PLIST yang dihapus. Dengan asumsi mouse mulai berfungsi dengan baik setelah itu, buka panel preferensi (System Preferences > Mouse) untuk mengkonfigurasi ulang lagi.

Langkah Berikutnya untuk Mouse Cacat

Semoga mouse yang kamu gunakan dengan Mac berfungsi dengan baik sekarang. Jika tidak, coba setel ulang NVRAM dan SMC di Mac. Jika itu gagal menambal apa pun, kemungkinan besar berurusan dengan mouse yang rusak.

Untuk memastikan, hubungkan mouse ke Mac lain. Jika terus mengalami masalah yang sama, kamu harus memperbaiki atau mengganti mouse. Memilih Magic Trackpad juga merupakan ide yang bagus.