Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Menjadi Penulis Online Yang Menghasilkan Uang Bagi Pemula

8 Cara Menjadi Penulis Online Yang Menghasilakn Uang Bagi Pemula

Kepoingue.com – Menghasilkan uang dari hobi memang menyenangkan, terlebih bagi yang suka membuat artikel tulisan. Tetapi, tidak sedikit penulis online pemula yang mundur dan kalah dalam menyajikan tulisannya karena kekurangan pembaca dan penghasilan dari dunia tulis menulis.

Tentunya hal ini tidak bisa dipungkiri, selain ada masalah pembajakan dan sulitnya memasukan tulisan ke media-media besar seperti Kompas dan lainnya. Akan tetapi, bagi kita pemula ada nih rekomendasi cara menjadi penulis online yang dibayar setiap bulannya.

Berikut Cara Menjadi Penulis Online Yang Menghasilakn Uang

1. Menjadi Penulis Media Masa

Kenapa saya memasukan media masa sebagai urutan pertama dibandingkan yang lainnya adalah konsistennya pembayaran dari media masa. Pengalaman saya dimana guru tulis saya, untuk kategori opini dan kolomis yang ilmiah bisa dibayar 5-8 Juta rupiah hanya dalam satu bulan saja, hal ini tentunya bukan diperuntukan untuk media sembarangan melainkan untuk media masa nasional, dengan jumlah pembaca hingga puluhan juta. Perimbangan lain adalah, setiap penulis nasional biasanya akan memiliki karya buku dan lainnya.

2. Mengirimkan Tulisan Perlombaan Menulis

Mengirimkan tulisan kepada kontes menulis, sejujurnya banyak sekali kontes menulis baik dari perusahaan untuk mendapatkan review, instansi, lembaga, hingga perusahaan keuangan. Beberapa kontes sering dilakukan, namun untuk media pihak ketiga yang bagus dan sangat kompeten dalam mengadakan kontes bagi saya adalah Sosiago Indonesia.

3. Menjadi Copywriter Media Sosial

Menjadi Copywriter adalah pilihan yang baik untuk mengembangkan cara menulis kamu, dimana media sosial lebih cepat untuk berinteraksi dengan pengemar dan pembaca dari konten media sosial yang kamu pegang. Copywriter Media Sosial biasanya dipekerjaan oleh konten kreator seperti creator Instagram, Youtube, Tiktok dan lainnya. Menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa Copywriter Media Sosial Junior akan mengantongkan gaji bulanan dari angka 3 Jutaan Rupiah hingga belasan Juta Rupiah.

4. Menjadi Copywriter Perusahaan

Sebagai penulis yang diharuskan bisa menarik peminat dan pembeli melalui tulisan, maka Copywriter perusahaan merupakan orang yang penting dalam posisi pemasaran. Sangat wajar apabila gaji yang dikantongi berkisaran 3 Juta Rupiah hingga 5 Juta Rupiah, tentunya hal ini sangat bagus bagi kamu penulis yang hoby tentang Otomotif,  penulis keuangan, penulis teknologi, penulis analisa pasar saham dan lainnya.

5. Membuka Kelas Tulis dan Jasa Tulis

Membuka kelas tulis untuk mendapatkan uang dari tulisan kamu adalah hal yang sering digunakan oleh penulis-penulis lain, dari yang membuka kelas menulis online, kelas menulis gratis, hingga kelas menulis berbayar. Hal ini bisa menjadi refrensi kamu, jika kamu memerlukan pemasukan maka sangat wajar untuk membuat kelas berbayar apalagi banyak juga media masa membuka kelas menulis berbayar, dari harga 100 Ribu Rupiah, hingga 1,5 Juta Rupiah.

6. Membuat Web Sendiri

Mempublikasi tulisan kamu di media sendiri seperti Blog maupun Website adalah pilihan yang baik, selain bisa mempublikasikan tulisan yang ditolak oleh media masa kamu juga mengaitkan Blog dengan iklan google adsense.

7. Menerbitkan Buku

Menerbitkan buku adalah tujuan hampir semua penulis, selain sebagai sebuah kebangaan sebagai penulis. Penerbitan buku bisa menguntungkan bagi penulis dengan pembagian komisi penjualan dan hak cipta, untuk komisi tergantung dengan perusahaan penerbit biasanya bisa berkisar 10 persen hingga puluhan persen. Akan tetapi, banyak penerbit yang telah menetapkan dalam perjanjian sebelum penerbitan buku, sesuai persetujuan penerbit dan penulis buku.

8. Menjual Backup Tulisan

Jika kamu penulis aktif di Blog dan Website, kamu akan tahu bahwa backup tulisan kamu bisa dijual dengan harga yang disepakati. Kamu bisa menghubungi pemilik website atau bisa menjualnya di situs P-store {dot} net, hal ini juga dilakukan oleh Blogger serta penulis lainnya dengan harga yang bervariasi.

Tips Menulis Opini dan Kolom Untuk Media Masa Nasional

Menulis untuk media masa terlebih opini dan kolomis tidaklah mudah, selain dituntut untuk menulis minimal 500 kata dengan aksen bahasa Indonesia baik dan benar merupakan hal yang tidak terbilang mudah. Bayangkan saya saja, dari beberapa media nasional hanya ada beberapa saja yang menerima tulisan saya. Selain persaingan, tata bahasa dan topik merupakan hal yang utama dimana penulis dituntut untuk mengikuti trend ataupun isu yang lagi boming.

Berikut Tips Menulis Opini dan Kolom Untuk Media Masa Nasional

Fokus Pada Satu Kategori Terlebih Dahulu

Fokus dengan satu kategori adalah saran yang utama untuk menulis di media masa, hal ini akan memudahkan kamu untuk meriset kategori yang kamu tulis. Hal ini disebabkan oleh media masa memerulkan pembuktian dan sumber-sumber yang ilmiah serta bisa dipertangungjawabkan secara ke ilmuan.

Memiliki Tokoh Idola Yang Rajin Menulis

Tidak bisa di pungkiri, bahwa setiap penulis memiliki idola baik yang aktif dalam menulis maupun secara pemikiran. Idola sendiri akan memberikan dampak setiap tata bahasa dan pemikiran dalam setiap artikel tulisan yang dipublikasikan.

Amati Tiru Modifikasi

Penulis merupakan seseorang pelaku kreatif yang menciptakan suatu karya tulis baik berupa karya fiksi seperti novel, cerpen, puisi maupun non-fiksi seperti karya ilmiah, makalah, jurnal, artikel. Karya-karya yang diciptakan oleh penulis biasanya mewakili apa yang menjadi buah pikirnya, prinsip ATM merupakan hal yang wajar bagi penulis pemula ketika belajar menulis artikel, saya sendiri hampir setiap hari disuruh guru tulis saya untuk membeli koran dari kompas agar dapat bisa menulis dengan cara yang baik walaupun dengan cara prinsip ATM.

Melakukan Riset dan Berdiskusi

Kerena tulisan opini dan kolom merupakan karya ilmiah, maka riset melalui berbagai sumber seperti buku dan internet merupakan hal yang diharuskan. Sedangkan berdiskusi merupakan tata cara untuk memperifikasi data yang telah diriset secara mandiri, agar mendapatkan fakta dan sumber yang lebih detail lagi.

Mengecek Ejaan Bahasa Indonesia

Ejan bahasa Indonesia yang baik adalah pendukung yang penting dan menjadi pertimbangan bagi Redaktur media masa untuk mempublikasikan sebuah tulisan. Untuk mengecek ejaan kamu bisa menggunakan KBLI Indonesia, dan Sinonimkata Online agar bisa memastikan bahwa ejaan kamu memang layak dan benar.

Menjadi penulis kamu akan menemukan banyak sekali pemikiran-pemikiran hebat dari berbagai tokoh-tokoh Nasional dan Tokoh Dunia. Pemikiran-pemikiran ini akan membuat kamu takjub serta merasa bangga menjadi seorang penulis, selain itu bekerja dalam bidang hoby akan membuat kamu lebih leluasa menimbulkan ide-ide kreatif.