Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Harus Investasi Kripto dan Keuntungan Berinvestasi

Kenapa Harus Investasi Kripto dan Keuntungan Berinvestasi

Kepoingue.com – Investasi menjadi instrumen penting bagi banyak orang, terlebih bagi yang mengingginkan pasive incame dimasa-masa mendatang. Banyak instrumen investasi dan pilihan investasi membuat investasi tidak lagi terbilang ekslusif, dari pilihan emas, saham, reksadana, hingga kripto atau cryptocurrency membuat pasar semakin bergairah.

Kripto menjadi bagian penting investasi dan kenapa harus berinvestasi didalam nya?

Sebenarnya jika berbicara investasi yang pertama adalah keuntungan, tidak mungkin seseorang berinvestasi tidak mengharapkan keuntungan. Sebagai aset yang linier dengan kehidupan sekarang tidak salah jika disebut sebagai investasi masa depan, dimana investasi tidak lagi selalu saham dan fiat.

walaupun demikian, cryptocurrency belum lah memiliki landasan hukum yang kuat, sehingga memungkinkan akan banyak penyalahgunaan teknologi ini. Dari scamer, rugpul, hingga penipuan berkedok investasi kripto bisa saja terjadi. Saat ini, Indonesia meregulasi melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menetapkan mata uang digital atau cryptocurrency (kripto), termasuk Bitcoin, sebagai subyek komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa perdagangan berjangka. Kebijakan itu ditetapkan melalui Keputusan Kepala Beppebti.

"Saat ini Kepala Bappebti sudah menandatangani keputusan untuk menjadikan cryptocurrency sebagai komoditi yang layak diperdagangkan di bursa. Sudah ditetapakan dua tiga hari lalu, cuma saya belum tahu nomor Surat Keputusannya," ujar Kepala Biro Pengawasan dan Pengembangan Pasar Beppebti Dharma Yoga.

Dari peraturan Bappebti ini, sebenar masihlah bisa digunakan sebagai perlindungan hukum bagi investor kripto di Indonesia jika melakukan investasi menggunakan pihak ketiga seperti Exchanger (pertukaran kripto) seperti Tokocrypto, Indodax, Pintu, Rekeningku dan lainnya yang memang sudah bekerjasama dengan Bappebti.

Alasan lainnya adalah cryptocurrency yang memiliki pasar yang luas, hal ini tidak bisa dipungkiri oleh orang-orang yang memang sering dan paham tentang investasi kripto. Berbeda dengan kripto siapa saja, baik anonymus maupun yang memang terverifikasi secara Know your customer (KYC) menggunakan data diri, dapat melakukan investasi dengan kemampuan masing-masing. Jika dibandingkan dengan investasi yang ada, seperti saham dan lainnya terdapat perbedaan waktu dimana pasarnya diatur sesuai kalender dan memakan waktu yang lama untuk setiap transaksi.

Bagaimana Berinvestasi kripto untuk pemula?

Kerena kripto bersipat investasi yang berpariasi, sebaiknya tetap menggunakan pihak ketiga sesuai pilihan masing-masing. Pertimbangan lainnya adalah ketika satu produk yang masuk dalam bursa exchanger pastinya sudah memiliki pasar dan komunitas yang kuat, sehingga meminimalisir akan terjadinya scamer dan lainnya.

Walaupun dunia investasi di Indonesia sudah terbilang cukup menarik, dimana pemain baru dan terobosan baru sering berlalu-lalang. Sayangnya hampir sebagian besar masih berkutat dalam investasi yang itu-itu saja, terlebih kurang nya literasi investasi yang baik.