Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Cara COD Tanpa Markeplace, Mudah dan Pencairan Cepat

Ini loh Cara COD Tanpa Markeplace, Mudah dan Pencairan Cepat

Kepoingue.com - Pasar online atau lebih sering disebut dengan marketplace saat ini memainkan peran penting bagi masyarakat terlebih, setiap orang berkesempatan untuk memiliki bisnis sekala rumahan, hingga UMKM dengan mudah. Akan tetapi masyarakat sidikit Skeptisisme terhadap barang atau produk yang dibeli harus dibayar terlebih dahulu, sehingga memilih untuk melakukan transaksi Cash on Delivery / COD tanpa marketplace sebagai perantara. 

Sebagai penjual online, saya sendiri sering mencari solusi terbaik untuk melayani pelangan. Terkadang saya menggunakan beberapa akun sebagai pembeli di toko sendiri untuk bisa mendapatkan layanan COD walaupun menggunakan cara yang sedikit memanipulasi sistem. Hal ini dikeranakan kurangnya pemahaman saya terhadap jasa-jasa atau pihak kurir yang membuka peluang secara langsung bagi penjual online. 

Pertanyaannya Bisakah Kita Melakukan COD Tanpa Marketplace? Tentu saja jawabannya, bisa. Ada dua rekomendasi yang sangat baik bagi teman-teman penjual online yang memasarkan produk nya diluar marketplace seperti Facebook, Instagram, Youtube dan sosial media lainnya. 

1. Menggunakan Jasa Kurir Langsung

Walaupun cara ini sudah banyak yang tahu dan terbilang jadul, namun tetap menjadi rekomendasi yang paling utama adalah keamanan serta pembayaran yang konsisten. Sayangnya, setiap jasa pengiriman memiliki syarat, peraturan, dan tingkat minimum pembayaran. Saat ini, menurut pengalaman sendiri ada beberapa jasa pengiriman yang membuka peluang bagi pengiriman ritel seperti J&T COD, JNE COD, JX EXPRES dan beberapa jasa lainnya. 

2. Menggunakan pihak ketiga

Saking banyaknya pihak ketiga yang sering saya riset, untuk mempelancar pengirimannya membuat saya sering bergonta-ganti baik website maupun aplikasi membuat saya sedikit banyak memiliki pengalaman. Diantara aplikasi seperti Cladeo, Ngorder, Kiriminaja dan beberapa aplikasi lainnya yang membuat saya berkesan dan berani merekomendasikan kepada teman saya sendiri adalah aplikasi Kiriminaja. 

Beberapa alasannya yang saya bagikan sesuai dengan pengalaman adalah mudahnya mengatur Cash flow yang bisa ditarik ke Bank dalam satu hari setelah pengiriman. Selain itu, sebagai penjual kecil-kecilan adalah biaya transaksi penarikan gratis untuk beberapa Bank seperi Bank BCA, BRI, Mandiri, dan Bank BNI. Kelebihan lainnya adalah mudahnya pendaftaran yang hanya perlu KTP dan Rekening yang sama. 

Cara COD Tanpa Marketplace Menggunakan Aplikasi Kirimanaja

1. Persiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Sebagai syarat untuk memverifikasi akun Chas on Delivery (COD)

2. Persiapkan nomor rekening Bank yang sesuai dengan nama di KTP

3. Masuk ke website Kiriminaja (Daftar Kiriminaja) atau download aplikasinya (Kiriminaja Apps

4. Siapkan email yang aktif dan nomor hp yang aktif serta tertaut Whatsapp

5. Isi kolom pendaftaran sesuai permintaan dari Kiriminaja

6. Tunggu setidaknya 3 Hari setelah dikirim agar mendapatkan akun terverifikasi, pengalaman saya jika data sesuai akan terverifikasi hanya satu hari.

Saat ini Ekspedisi yang digunakan oleh Kiriminaja saat ini adalah JNE, J&T Expres, Anteraaja, JX Expres, sAP Expres, Sicepat, dan ID Ekspres yang siap melayani pengiriman reguler, instan, dan lainnya. Namun untuk pengiriman COD hanya ada JNE, J&T, dan Sicepat saja saat artikel ini dituliskan.

Biaya Return Paket Yang Gagal COD di Aplikasi Kiriminaja?

Untuk retur akan di kenakan biaya pengembalian sesuai dengan peraturan setiap ekspedisi seperti berikut

JNT : 20.000 Tarif flat
JNE : Gratis
Sicepat : Gratis
JTL : Gratis
JX dan SAP : sebesar 50% dari ongkos kirim.

Dengan menggunakan jasa kurir langsung dan pihak ketiga memiliki plus dan minus masing disetiap perjalanan kita meniti usaha, terlebih jika menggunakan cod tanpa marketplace. Jika kamu memiliki info yang menarik terkait pengiriman cod tanpa marketplace, silahkan tulis komentar dibawah dan jangan sungkan untuk berbagi.