Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Play To Earn Merubah Sudut Pandang Dunia Game Saat Ini

Play To Earn Merubah Pandang Dunia Game Saat Ini

Kepoingue.com - Bomingnya Axie Infinity Game tahun ini membuat sudut pandang tentang game semakin berubah. Sebelumnya Game hanya dipandang sebagai permainan untuk menghilangkan bosan atau sekedar mengisi waktu luang saja.

Jauh sebelum konsep Play To Earn dikembangkan pada Blockchain seperti konsep Axie Infinity sekarang, sudah ada beberapa game yang mengadopsi, hanya saja belum mendapatkan respon yang positif di kalangan komunitas Crypto. 

Beberapa game seperti Crypto Kity, Crypto Blades dan beberapa game di jaringan Ethereum sudah ada, sayangnya mereka belum dapat membidik pasar yang tepat, sehingga mereka tidak dapat menggarap pengguna baru secara signifikan.

Peran Axie Infinity dalam mengeksekusi konsep Play To Earn nampaknya membuahkan hasil, dimana setiap orang dapat berpartisipasi dalam dunia Axie untuk menciptakan dunia yang menyenangkan dan memberikan hasil yang nyata dalam segi ekonomi mereka. 

Diantara konsep yang matang serta pemasaran yang masif, Axie Infinity dan beberapa projek game Blockchain seperti Yooshi, Monsta, Plant and Undead serta masih banyak lagi membuahkan hasil yang cemerlang, terlihat dari laporan kuartal projek mereka. Selain itu, Pandemi Covid-19 menjadikan sebagian orang berpikir serta mencari solusi untuk mendapatkan penghasilan sehingga tertarik dengan projek Play To Earn ini.

Sebagai contoh, pemanfaatan game sebagai ladang penghasilan seperti yang dilakukan oleh masyarakat Venezuela, mereka memainkan game untuk mengumpulkan berbagia item khusus dengan bermain game, farming (bercocok tanam) di dalam dunia game selanjutnya menjualnya kepada user lainnya. Dari hasil permainan mereka, dapat membelikan popok, makanan, kebutuhan sehari-hari hingga membeli tiket pesawat untuk keluar dari negara tersebut. 

Sudut pandang game saat ini tidak lagi hanya didominasi oleh hanya kesukaan atau menghilangkan penat saja, perubahan era serta matangnya teknologi membuat budaya game harus diperhitungkan sebagai ladang investasi yang menyenangkan seperti yang diterapkan oleh konsep Play To Earn, sehingga bermunculan berbagai pekerjaan baru seperti Atlet E-sport, hingga menjadi Influencer

Wajar apabila banyak proyek game Blockchain yang mengusung konsep yang sama bermunculan, dengan harapan memberikan pengalaman bermain yang unik serta memberikan penghasilan nyata. Dari projek ini, setidaknya beberapa yang akan mengoyahkan Axie Infinity seperti The Sanbox, Yooshi, Star Atlas, Ultra, hingga Monsta Infinite. 



Penulis: Aan Sugita