Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Youtube Janjikan Video Youtube Shorts Bisa Dimonetisasi

Youtube Janjikan Video Youtube Shorts Bisa Dimonetisasi

Kepoingue.com - Youtube kembali memperbahrui kebijakan terkait video pendek atau Youtube Shorts dimana kreator bisa menghasilkan uang melalui monetisasi iklan dalam setiap video yang dibagikan kepada komunitas Youtube. 

Menurut tulisan yang dipublikasikan dilaman Youtube Blog ditulis oleh Amy Singer mengatakan bahwa Youtube memperkenalkan program baru bagi kreator, artis, seniman, dan perusahaan media yaitu Youtube Shorts Found. Tidak tangung-tangung dana 100 Juta USD siap diluncurkan dalam tahun 2021 hingga 2022, hal ini merupakan kabar gembira dimana setiap kreator bisa menghasilkan uang melalui video pendek berdurasi 15-60 detik saja. 

Analisa yang kuat dalam program ini adalah Youtube berusaha menyaingi Tik-Tok dalam lini bisnis video pendek,terlihat ambisi Youtube ingin menguasai berbagai aspek hiburan dan media generasi muda.Tentunya hal ini wajar jika disandingkan dalam upaya pembesaran kapitalisasi perusahaan. 

Masa depan Youtube Shorts yang diprediksi oleh Amy Singer selaku direktur kemitraan global Youtube akan lebih besar lagi dibandingkan sekarang, mengingat Youtube Shorts menargetkan generasi muda dan generasi Z, namun Youtube mengingatkan kepada kreator agar lebih menaati perturan komunitas Youtube seperti sedia kala sehingga akan mempermudah berjalannya program monetisasi Youtube Shorts kedepannya. 

Saat ini program menetisasi Youtube Shorts hanya berlaku bagi negara Amerika Serikat sebagai negara uji coba utama dalam menerapkan program monetisi atau Youtube Shorts Fund, tentunya negara-negara lainnya akan juga tersedia jika telah memenuhi kriteria Youtube sendiri.

Selain itu, harapan Youtube dengan program ini agar komunitas Youtube (pengguna) mendapatkan hiburan yang menarik dan berselancar lebih lama di Aplikasi Youtube, sehingga menimbulkan ketertarikan masyarakat seluruh dunia dalam membuat video shorts yang unik dan lainnya. 

Sayangnya dalam tulisan Amy Singer selaku Direktur Kemitraan Global Youtube tidak memberikan kejelasan pasti tentang spesifikasi konten Youtube Short yang bisa menghasilkan uang dari monetisasi (kemitraan) Youtube, selain itu untuk tanggal perilisan secara pasti juga belum diumumkan.