Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Website Untuk Belajar Sejarah Islam Yang Baik

8 Website Untuk Belajar Sejarah Islam Yang Baik

Kepoingue.com - Jika Banyak dari umat Islam ingin mengetahui berbagai sejarah tentang agamanya, Namun terkendala dengan keterbatasan ruang informasi. Berbeda dengan saat ini, dimana teknologi hampir menguasai semua lini termasuk informasi baik secara umum hingga kepada permasalahan private yaitu agama. 

Banyak dari tokoh-tokoh muslim di Indonesia, menggunakan teknologi sebagai haluan informasi untuk lebih mendekatkan agama Islam kepada masyarakat muslim khususnya dan warga Indonesia pada umumnya. Kelebihan dan kekurang mungkin sudah menjadi faktor pasti namun, hal tersebut tidak menggurungkan niat tokoh muslim di Indonesia mengerjakan niatnya. 

Bebera website dan portal Islam untuk belajar sejarah Islam merupakan hasil dari penilaian penulis kepoingue.com baik penampilan ataupun penyampaiannya, sehingga kami bisa menyampaikan sesuai dengan apa yang ada, namun pada intinya kepoingue.com hanya sekedar mengulas sebagaimana mestinya sehingga tidak dilebih-lebihkan ataupun dikurang-kurangi. 

Berikut Daftar 8 Website Terpopuler Untuk Belajar Islam Yang Baik

1. Portal NU Online

Sebagai media portal yang dinaungi oleh Nahdlatul Ulama, tentunya NU Online memiliki cara penulisan dan fokus terhadap agama Islam. Namun, dalam penyampaian NU Online yang memiliki banyak penulis maka akan sesuai dengan cara masing-masing tanpa meninggalkan dalil, sumber, serta kelengkapan sejarahnya. 

2. Portal Islam Muhammadiyah

Muhammadiyah tidak hanya sebagai salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia saat ini, yang hanya sekedar memberikan ceramah ataupun lainnya. Muhammadiyah saat ini nampaknya juga menggunakan teknologi, sebagai kendaraan dakwahnya dengan membangun berbagai portal berita ke-Islaman serta sejarahnya. 

3. Muslim or.id

Muslim or.id merupakan media portal berita Islam yang banyak memberikan informasi baik keagamaan, hukum, dan sejarah Islam melalui konten artikel yang dapat dibaca oleh pengguna secara gratis sehingga akan memudahkan pembaca mendapatkan artikel yang original.

4. Islami .co

Menarik sekali bagi saya saat membaca artikel yang dipublikasi oleh website sejarah Islam seperti portal Islami .co sehingga sangat baik untuk menjadi rekomendasi untuk pembaca khususnya masyarakat muslim di Indonesia. 

5. Islamramah .co

Islamramah .co merupakan media yang dibangun oleh tim yang kompitebel pada isu-isu ke-Islaman baik di Indonesia dan luar negeri. Dengan mengusung tagline 'Islam Ramah Bukan Islam Marah' membuat khazanah ke-Islaman yang rahamatan lil alamin, dengan tujuan utama mengenalkan Islam yang merupakan agama damai di Indonesia. Beberapa penulisnya juga merupakan orang-orang yang menguasai masing-masing bidangnya sesuai dengan multi disiplin keilmuan, sehingga dapat menambahkan pembendaharaan informasi. 

6. Harakatuna .com

Salah satu rujukan bagi saya untuk mencari informasi tentang berita terorisme di Indonesia, sehingga saya sangat mudah mendapatkan berbagai rujukan, sumber, serta informasi lainnya disini.Selain itu Harakatuna .id memberikan penjelasan yang masuk akal serta sangat tidak mentoleransi terorisme menggunakan agama sebagai pelindung aksi mereka. Memang isu terorisme menjadi hadline utama dari situs ini, namun juga terdapat berbagai sejarah Islam yang bisa menjadi rujukan informasi bagi pembacanya.

7. Jalandamai .org

Selain sebagai komunitas, Jalandamai merupakan media yang sama seperti Harakatuna sehinga topik utama adalah isu terorisme. Namun, banyak dari penulis Jalandamai .com memberikan berbagai informasi ke-Islaman termasuk sejarah Islam baik Timur Tengah maupun Indonesia

8. Islamqa .info

Mungkin agak berbeda dengan website-website yang diatas seperti yang saya tulis diatas dimana portal sejarah Islamqa .info merupakan salah satu paling maju dimana menjadikan bahasa sebagai kelebihannya, saat artikel ini ditulis oleh saya terdapat 16 bahasa yang digunakan seperti Bahasa Indonesia, Ingris, Turki, Prancis, China, German, Arabic, Portugis, Uygur, dan Bahasa Tagalog. 

Kelebihan lainnya, bagi orang seperti saya yang menyukai teknologi dan Developers adalah kemajuan cara berpikir tim dari Islamqa dengan membangun ensiklopedia khusus topik ke-Islaman dimana situs ini seperti Wikipedia pada umumnya, sehingga memudahkan pembaca mendapatkan informasi dan bertanya langsung dengan komunitas Islamqa. 

Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik baik tentang sejarah Islam, Hukum, Pendidikan, hingga Politik Islam dengan mudah. Baik untuk belajar, mencari rujukan, dan lainnya sehinga menambahkan pembendaharaan informasi ke-Islaman bagi kita semua.