Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jual Desain Kaos di Amazon Merch Dengan Mudah

Cara Jual Desain Kaos di Amazon Merch Dengan Mudah

Kepoingue.com - Salah satu keuntungan bagi desainer grafis adalah memiliki banyak portofolio yang menhasilkan uang. Memang banyak cara, namun yang lumrah digunakan desainer grafis maupun freelencer menjual berbagai karnya di internet agar bisa menghasilkan uang serta memberikan masukan setiap bulan. 

Banyak situs yang memperkerjakan freelencer untuk menjadi kontributor di situs mereka seperti Fiver, Upwork, Freelencer, Redbubble, dan beberapa situs lainnya. Tidak ketinggal Amazon yang merupakan situs jual beli berbagai produk online secara global, juga mengimabil inisiasi untuk meperkerjakan desainer grafis sebagai freelencer desainer grafis untuk situs Amazon Merch

Di Indonesia, Amazon Merch tidak sepopuler para pendahulunya seperti Fiver dan Upwork dimana mereka memang fokus memperkejakan freelencer sesuai dengan minat bakat mereka, salah satu produk yang dijual dan paling laku adalah logo dan desain lainnya. Namun, kali ini kita membahas bagaimana menjual desain kaos menggunakan Amazon Merch. 

Menjual desain kaos di Amazon Merch memang gampang-gampang susah, hal ini dikernakan terdapat beberapa faktor penting untuk disimak, seperti pembayaran dan juga akses bahasa yang multi global, namun sangat patut kamu coba sebagai portofolio desain kamu. 

Berikut cara mendaftar dan menjual desain kaos di Amazon Merch dengan mudah: 

1. Mendaftar Akun Seller Amazon Merch

untuk memulai menjual desain kaos di Amazon Merch harus terlebih dahulu memiliki akun amazon seller dimana desainer atau calon penjual desain secara online bisa mendaftar langsung di situs amazon atau amazon merch. 

2. Memilih Kategori Seller

untuk pertama berjualan, diwajibkan memilih kategori seller saat ini hanya ada dua pilihan kategori seller di Amazon Merch yaitu individual seller dan profesional seller. Sangat direkomendasikan untuk memilih individual seller, dimana cukup mudah persyaratannya dan lainnya. 

3. Mengisi Formulir Pendaftaran

setalah mengisi persyaratan diatasa dan dirasakan sudah sesuai semua, calon desainer grafis diwajibkan mengisi formulir pendaftaran yang tepat sesuai dengan negara pendaftar. Hal ini akan berkaitan dengan pajak yang dikenakan oleh Amazon Merch setiap user baru ataupun lama. 

Setiap akun yang mendaftar sebagai penjual desain kaos di Amazon Merch tidak diterima secara langsung dan langsung bisa mengupload desainnya. Amazon memberlakukan review akun selambat-lambatnya 14 hari kerja, akan menentukan apakah diterima atau ditolak oleh pihak Amazon Merch.

4. Memilih Metode Pembayaran

walaupun Amazon merupakan situs belanja online global dan menerima berbagai metode pembayaran, sayangnya Amazon Merch tidak berlaku dimana Paypal belum menjadi mitra dari metode pembayaran. Saat tulisan ini dipublikasikan, akun saya menggunakan metode pembayaran pihak ketiga yaitu payoneer. Tentunya, hal ini akan mudah disebabkan payoneer merupakan pihak ketiga memiliki mitra pembayaran seluruh dunia termasuk Indonesia. Kelebihan lainnya, payoneer memberikan kartu atm untuk semua pengguna jasa pihak payoneer.

Selain memiliki kemudahan menggunakan payoneer, Amazon Merch hanya memberlakukan pembayaran jika menggunakan sistem perbankan di Benua Amerika dan Benua Eropa, sedangkan di bagian Benua Oseania baru hanya berlaku untuk negara Australia. Walaupun begitu, Negara-negara di Asean masih bisa berjualan desain bajunya di Amazon Merch jika menggunakan opsi dari perbankan tersebut. 

5. Ukuran Desain

Setiap desain yang diupload oleh desainer grafis tidak semua bisa diterima, ada beberapa syarat seperti latar belakang dan jenis file. Untuk jenis file, Amazon Merch hanya memberlakukan file berjenis PNG dengan latar belakang transparan. Untuk ukuran desain, Amazon Merch memberlakukan minimum ukuran 4500 px kali 4050 px (px dibaca pixcel) dengan besar file 25 MB. 

6. Jumlah Royalti

setelah selesai direview oleh tim Amazon Merch, barulah desainer grafis mendapakan keuntungan dari desain yang dijual oleh tim Amazon Merch. Perlu diketahui, desainer tidak bisa menetapkan harga jual, dimana Amazon Merch lah yang berhak menentukannya, setiap desain yang berhasil dijual dan digunakan oleh Amazon Merch dihargai dengan 2 USD lebih, jika dirupiahkan sekitar Rp. 28000 setiap satu desain dan berlaku kelipatannya.

Keuntungan berjualan desain kaos di Amazon Merch

Jika berbicara tentang keuntungan tentunya kita membecirakan prospek kedepannya bagi para desainer grafis. Diantara keuntungan tersebut bisa diterima oleh freelencer seperti penambahan portofolio, menambah skil desain, menambah pemasukan setiap bulannya, dan memperbanyak lumbung pendapatan. Hal ini, merupakan sedikit dari sekian banyak keuntungan, namun keuntungan utama adalah freelencer bisa menjual desainnya hingga keluar negeri dimana menjadi kebangan tersendiri.