Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapa Sosok Mendamping Ganjar Pranowo Di Pilpres 2024

Siapa Sosok Mendamping Ganjar Pranowo Di Pilpres 2024

Kepoingue.com - Pilpres 2024 akan banyak diisi oleh kaum muda, dan juga kelompok-kelompok idola masyarakat. Lalu siapa sosok yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 yang akan datang.

Memang masih lama, namun sederatan nama-nama calon kandidat Persiden dan wakil Persiden 2024 sudah betebaran di Internet. Artinya, bahwa masyarakat ikut serta menunggu perayaan demokrasi 5 tahun sekali, apalagi sosok idola seperti Ganjar Pranowo digadang-gadang menjadi orang nomor satu di Indonesia di tahun 2024. 

Menurut Lembaga Survei Indonesia (LSI) beberapa nama akan cocok mendampigi Ganjar Pranowo baik internal (dalam) dan eksternal (diluar) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Tentunya sosok nama kandidat Wakil Persiden 2024 ini memiliki popularitas dan simpatisan yang baik. 

Nama-nama berikut merupakan sosok politisi yang dari internal Partai PDI-P seperti: 

Pertama, ada nama politisi Basuki Tjahja Purnama (Ahok/BTP), tentunya masyarakat sudah mengenal sosok BTP/Ahok dalam kancah politik di Indonesia, dimana pernah menjadi wakil dari Presiden Joko Widodo saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. BTP pernah menjadi Gubernur DKI Jakarta dan pernah menjadi Bupati di tanah kelahiranya. Saat ini, Ahok menjabat sebagai Komisaris Utama di Perusahaan Milik Negara yaitu PT Pertamina (Persero). 

Jika berbicara simpatisan, Ahok memiliki simpatisan yang loyal baik masyarakat biasa maupun tokoh publik salah satu yang sangat menonjol adalah Eks anggota Partai Demokrat Ruhut Sitompul, dan Teman Ahok. Dari dua kelompok pendukung ini, Ahok mampu mengumpulkan Jutaan suara saat melawan Anies Baswedan di Pilkada 2017. 

Kedua, masih di unsur yang sama ada nama Mensos Tri Rismamaharini yang merupakan mantan Walikota Surabaya dan memiliki loyalis hingga penjuru daerah. 

Ketiga, ada nama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi atau yang lebih akarab dipangil mbak Puan, memiliki karir politik yang cukup baik dan pernah menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia di Priode Pertama Presiden Jokowi. 

Sedangkan nama pendamping Ganjar dari eksternal atau dari luar  Partai PDI-P, juga patut diperhitungkan seperti  nama-nama kandidat berikut ini: 

Prabowo Subianto (Partai Gerindra) yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia. Jika berbicara karir politik, Prabowo tidak perlu diragukan lagi, ia pernah menjadi lawan Persiden Jokowi baik priode pertama maupun priode kedua. 

Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) Ridwan Kamil atau yang lebih akrab dipangil RK merupakan seorang yang tidak terafiliasi secara langsung dengan partai manapun, RK mencalonkan diri sebagai Walikota dan Gubernur Jabar mewakili dari kelompok ahli dan akademis. 

Selanjutnya, ada nama kandidat wakil Ganjar seperti Erik Tohir yang merupakan Menteri BUMN RI dan pernah menjadi ketua tim kampanye nasional Presiden Jokowi. 

Ada pula nama-nama calon seperti Sandiaga Uno (Menparekrap) dan nama-nama lain. Namun, sosok-sosok bisa saja berubah dengan mengikuti arah angin peta politik dan PDI-P. Mengingat nama-nama calon persiden 2024 sama-sama memiliki potensi menang, ditambah pesta demokrasi kali ini banyak diisi oleh kelompok muda.