Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rizieq Ngamuk di Persidangan, Denny Siregar kok Jadi Kayak Anak Kecil

Riziek Ngamuk, Denny Siregar kok Jadi Kayak Anak Kecil

Kepoingue.com - Persidangan Muhammad Rizeq Shihab menjadi sorotan banyak orang, tidak terkecuali Denny Siregar. Pasalnya, persidangan tersebut berakhir dengan kericuhan yang ditimbulkan oleh pentolan dan Imam Besar FPI beserta para kuasa hukumnya.

MRS didakwa pelanggaran kekarantinaan kesehatan dengan putusan hakim mentapkan 1 tahun penjara, namun MRS tidak terima dan menimbulkan kericuhan dengan pihak Kejaksaan di Rutan Bareskrim Polri dan menolak serta membentak para hakim persidangan. FPI sendiri merupakan organisasi masyarakat (ormas) yang sudah ditetapkan terlarang oleh pemerintah Indonesia, baik peredaran atribut, pengajian, kumpul-kumpul dan lainnya.

Adapun, penyebab kekisruhan tersebut ialah Habib Muhammad Rizieq Shiba bersikukuh menolak untuk ikut sidang secara virtual atau online melalui aplikasi zoom meeting. hal tersebut untuk mencegah tidak ada cluster baru covid-19.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyebutkan pihaknya tidak akan ikut campur mengenai hal ketika seseorang sudah resmi menjadi terdakwa seperti HRS/MRS. Ia menegaskan bahwa hal tersebut merupakan domain dari pihak pengadilan yang fundamental dan dijamin oleh undang-undang.

"Sekali lagi, hal seperti itu sekali lagi manajemen persidangan itu ada hakim dengan jaksa," kata Brigjen Rusdi Hartono

Ia mengungkapkan bahwa dalam proses persidangan HRS/MRS, aparat kepolisian (Polri) hanya dilibatkan dalam proses melakukan penjagaan terkait dengan proses berjalannya persidangan tersebut, sehingga bisa berjalan lancar.

"Tentunya kalau ada hal yang menyangkut persidangan itu sendiri. Polri hanya mengamankan saja. Mungkin yang lebih jelas dari pihak Kejaksaan," ujar Rusdi.

Menurut Menko Polhukam Mahfud MD buka suara soal dugaan penghinaan terhadap Jaksa Penuntut Umum (JPU) oleh Imam Besar FPI tersebut. Mahfud mengatakan, bahwasanya pemerintah pada dasarnya tidak bisa mengomentari persidangan Habib Rizieq. Sebab, hal itu sudah menjadi wilayah hukum yang tidak bisa diintervensi oleh siapapun termasuk pemerintah.

"Persidangan itu sudah keluar dari ranah pemerintah ya. Itu hakim, hakim punya wewenang untuk memerintahkan apapun, nanti aparat pemerintah seperti polisi, kejaksaan itu nanti melaksanakan. Kan itu sudah ada aturannya," katanya usai ngopi bareng pengacara kondang Hotman Paris di Kopi Johny, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Penggiat media sosial, Denny Siregar menilai bahwa pihak kuasa hukum dan Muhammad Rizieq Shihab (HRS) seperti anak kecil yang tidak memiliki etika, terlebih Pengadilan merupakan ranah yang harus di hormati orang lain. 

Denny Siregar menyebutkan dalam cuitannya, "Nonton video Riziek di sidang yang tereak2 minta perhatian lebih, kok jadi kayak anak kecil ya ? Padahal katanya imam besar" selain itu Denny Siregar menambahkan bahwa kaburnya Rizieq sudah menjadi takdir dia seperti yang disebutkan dalam cuitannya 

"Beliau ini (Muhammad Rizieq Sihab) memang istiqomah pada profesinya... Kabur adalah jalan ninjanya" cuitan Denny Siregar