Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Buku Hukum Untuk Mahasiswa Baru

Rekomendasi Buku Hukum Untuk Mahasiswa Baru

Kepoingue.com - MASA kuliah merupakan masa yang bagus untuk memupuk intelektualitas dan kritis, tentunya semua itu butuh mengeksplorasi banyak keilmuan dan bacaan. Sangat tepat untuk kamu yang baru menjadi mahasiswa baru (Maba) fakultah hukum atau ilmu hukum, buku ini sangat cocok kamu baca sebagai reprensi hukum sehari-hari. 

Berikut rekomendasi buku bacaan mahasiswa baru fakultas hukum: 

1. Undang-Undang Dasar 1945

Buku ini menjadi buku wajib untuk mahasiswa baru ataupun mahasiswa lama, dimana buku ini menjadi rujukan utama dalam penentuan Undang-Undang di Seluruh Indonesia. Sebenarnya buku Undang-Undang Dasar ini tidaklah dijual sebebas mungkin, apalagi buku yang dikeluarkan langsung oleh MPR. 

2. Buku KUHP 

sebagai mahasiswa hukum tentunya Kitab Undang-Undang Hukum Pidana menjadi buku wajib, buku ini merupakan karya Prof Moeljatno AB yang hampir semua mahasiswa hukum pernah membaca ataupun pernah membeli. 

3. Buku KUHAPERDATA

Untuk kamu yang mengambil kepakaran atau jurusan Perdata, buku ini menjadi barang yang tidak bisa ditingalkan, sebab sebagai sumber untuk argumen jika telah menjadi pengacara perdata. Untuk harga sendiri dibandrol sekitar 80 ribuan, dan sudah banyak dijual penjual online. 

4. Buku Delik-Delik Khusus diluar KUHAP

Bagi kamu semester empat keatas kemungkinan besar akan mengetahui buku ini, Buku ini merupakan buku yang menjadi bahan bacaan untuk perkara khusus seperti Kasus ITE, kasus praktik kedokteran, teroris, sekolah, hingga human traficking. Buku delik-delik khusus diluar KUHAp merupakan karya dari Prof Ruslan Rengong. 

Dengan buku yang direkomendasikan ini, kamu bisa mengali lebih jauh berbagai keilmuan terkhusus hukum di Indonesia. Apalagi bagi kamu Maba baru di fakultas hukum di kampus masing-masing. 

Penulis: Muhammad Rizal