Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pipa Impor Dari China, Bikin Kesal Presiden Jokowi

Pipa Impor Dari China, Bikin Kesal Presiden Jokowi

Kepoingue.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal gara-gara Indonesia masih saja dibanjiri oleh impor pipa, padahal menurut Presiden Jokowi, pipa masih bisa diproduksi di dalam negeri. Kekesalan Jokowi ini berujung pada pemecatan pejabat tinggi PT Pertamina (Persero).

Sebelumnya Presiden Jokowi telah meminta dengan tegas proyek pemerintah maupun proyek yang dikerjakan melalui perusahaan pelat merah tidak menggunakan barang impor. Hal tersebut ditegaskan Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Acara Rapat Kerja Nasional XVII Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Tahun 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Saya selalu menyampaikan ke kementerian dan lembaga, kepada BUMN, semua BUMN untuk memperbesar TKDN, komponen dalam negeri ini harus terus. Jangan sampai ada proyek pemerintah, proyek BUMN memakai barang impor," tegas Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, kebutuhan untuk pembangunan infrastruktur dalam negeri sejatinya sudah bisa dipenuhi oleh industri domestik (lokal). Presiden Jokowi bahkan tidak habis pikir, masih ada saja BUMN dan BUMD yang mengimpor barang yang sudah ada di dalam negeri.

"Kalau saya ngomong itu enggak boleh loh pak, gak boleh," kata Jokowi.

Kekesalann Presiden tersebut, berujung pada pemecatan salah satu pejabat tinggi dari perusahaan pelat merah seperti Pertamina, tentunya berita ini menjadi gempar mengingat tidak sedikit barang-barang import berkeliaran di industri Indonesia.