Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dengan Kouta Terbatas, Hari ini Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka

Dengan Kouta Terbatas, Hari ini Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka

Kepoingue.com - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 kembali dibuka oleh pemerintah, namun tidak semua bisa mengikuti. Pemerintah kali ini membuka pendaftran kartu prakerja ke 13 dengan kouta terbatas, dan hanya menerima 600 ribu pendaftar saja.

Menurut Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, pendaftaran dibuka mulai pukul 12.00 WIB. "Gelombang 13 akan dibuka 4 Maret 2021, jam 12.00 WIB dengan kuota 600.000," jelas Louisa Rabu (3/3/2021). 

Pada sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, untuk keseluruhan semester I-2021, pemerintah menargetkan jumlah peserta Kartu Prakerja bisa mencapai Rp 2,7 juta orang. Jumlah tersebut diakomodir dengan alokasi anggaran sebesar Rp 10 triliun. "Dan ini diharapkan bisa selesai dalam bulan Maret mendatang," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat konferensi pers virtual beberapa waktu yang lalu. Sama seperti tahun 2020 lalu, skema Kartu Prakerja pada pertengahan awal tahun ini adalah semi bansos.

Sajauh ini, setiap yang berhasil diterima sebagai peserta kartu prakerja akan mendapatkan bantuan berupa uang dan materi kursus singkat sebagai modal untuk bekerja pada perusahaan yang menjadi mitra dan diluar mitra program kartu prakerja. 

1. Pastikan sudah mendaftarkan akun dengan memenuhi syarat yang ditentukan
2. Setelah berhasil daftar akun dan login ke akun, pendaftar akan masuk ke dashboard akun.
3. Pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik 'Berikutnya'.
4. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP sesuai ketentuan.
5. Setelah itu, verifikasi nomor telepon, klik 'Kirim'. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon. Klik 'Verifikasi'.
6. Selanjutnya, isi pernyataan pendaftar sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Isi hingga selesai dan klik Oke.
7. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar, dengan mengklik 'Mulai Tes Sekarang'. Jika tes telah diseleksaikan, hasilnya akan dievaluasi.
8. Setelah itu, ikuti seleksi gelombang yang diinginkan, disesuaikan dengan domisili, lalu klik 'Gabung'. 9. Akan muncul konfirmasi pilihan gelombang. Jika telah selesai, klik 'Ya, Gabung'
10. Lalu muncul persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pertanyaan. Selanjutnya dapat klik 'Saya menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya'. 11. Tahap pendaftaran telah selesai.

Dengan demikian peserta juga diwajibkan untuk mengikuti beberapa tes mandiri, selain itu peserta mendapatkan bantuan setiap kali melakukan suvei untuk mencari kerja. Setiap peserta mendapat 150 ribu untuk 3 kali survei, dan mendapatkan berbagai bantuan lainnya dari kartu prakerja gelombang 13.