Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ni Luh Putu Sugianitri, Polwan Terakhir Pengawal Bung Karno Wafat

Kepoingue.com - Kabar duka kembali menerpa, kali ini sosok Ni Luh Putu Sugianitri yang merupakan polwan terakhir yang mengawal Bung Karno saat Bung Karno mulai sakit-sakitan yang di asingkan Ke Provinsi Bali.

Menurutnya, Kadang dengan gaji nya yang tak seberapa didapat saat menjadi pengawal. bu Nitri sapaan akrabnya, sering "meminjamkan" bung Karno uang untuk sekedar beli buah karena bung Karno sudah tak punya uang. 

Kenangan terakhir bersama sang proklamator ialah saat ia diajak berfoto bersama Bung Karno, selepas acara pergantian jabatan oleh Presiden Soeharto.

“ Saya awalnya bertanya kepada bapak, buat apa foto pak ? Bapak kemudian menjawab, lo.. kog buat apa ? Aku kan besuk sudah tidak pakai pakaian ini ( pakaian khas kebesaran presiden Soekarno,). Jadi, Untung juga ada foto itu yang sampai sekarang masih ada, yang sebenarnya foto lainnya bersama Bapak sebelumnya banyak, tapi aku tidak pernah menyimpannya. Jadi untung ya, Bapak mengajak berfoto itu, “ papar Sugianitri yang kini tinggal di Jl. Drupadi Denpasar.

Menurut hasil yang kami telusuri, mantan pengawal Bung Karno itu meninggal pada usia 72 tahun lantaran penyakit kista dan anemia yang telah lama dideritanya.

"Jadi ibu memang enam bulan terakhir baru merasakan sakit-sakitnya dari penyakit yang sudah lama dideritanya, selain memang sudah sepuh di umur 72 tahun," ungkap anak sulung mendiang ibu Nitri, Fajar Rohita saat ditemui di rumah duka Jl Drupadi 99 X Denpasar, Senin (15/03/21).

Namun, kondisinya semakin memburuk, hingga pada 9 Maret lalu, ibu Nitri sempat dilarikan ke RS Balimed, dan kemudian ia dirujuk ke RS Sanglah. "Karena kondisinya yang semakin kritis, ibu akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya kemarin," tambahnya.