Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menpora Turun Tangan Bantu Izin Laga Timnas

Menpora Turun Tangan Bantu Izin Laga Timnas

Kepoingue.com - Pembatalan penyiaran laga Timnas U-23 melawan Persikabo beberapa hari lalu, membuat publik merasa dipermainkan oleh PSSI, sehingga seharian penuh tagar #PSSI menjadi trending topik di Twitter. Ternyata ada masalah dalam izin laga Timnas, sehingga membuat Menpora turun tangan dalam meminta izin untuk melakukan laga uji coba tersebut. 

Saat Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Ahmad Ramadhan melakukan konfrensi pers. Dalam keterangan persnya pada Kamis lalu, menyampaikan bahwa Polri akhirnya memberikan izin pertandingan Timnas Indonesia untuk digelar dengan syarat tetap melakukan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan.

Usut punya usut ternyata dalam pemberian izin oleh Kepolisian terdapat campur tangan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Menpora berharap bahwa pembatalan yang terjadi sebelumnya, haruslah menjadi bahan koreksi untuk semua struktur PSSI agar tidak menyepelekan segala sesuatu termasuk izin laga timnas.

"Publik berharap kepada saya, karena pengalaman izin turnamen pramusim saja bisa dibantu urus. Semoga izin utk uji coba timnas juga bisa saya komunikasikan langsung dengan pihak Mabes Polri," kata Menpora Zainudin Amali 

Pada siang harinya setelah melakukan evaluasi dan segala pertimbangan, Polri mengumumkan izin pertandingan Timnas Indonesia, Laga melawan Tira Persikabo digeser pada tanggal 5 Maret 2021. Sementara itu pertandingan melawan Bali United digelar pada tanggal 7 Maret. Dua pertandingan itu akan tetap digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno dan akan disiarkan secara live streaming.

Tapi terdapat pertandingan yang tidak mendapatkan izin dari Polri, Polri tak mengizinkan pertandingan fun football PSSI melawan Selebritis FC yang sedianya merupakan bagian rangkaian pertandingan pada Maret. Cuma laga Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo dan Bali United saja yang diizinkan oleh Polri sehingga PSSI tetap mendapatkan izin.

"Rencana awal itu pertandingan ada empat tim yang diajukan, termasuk selebritis FC," tutur Ahmad Ramadhan dalam keterangan persnya.

"Tapi, berdasarkan hasil koordinasi terakhir, pertandingannya menjadi hanya tiga tim (Timnas Indonesia, Tira Persikabo, dan Bali United). Pelaksanaannya dua hari tanggal 5 dan 7 Maret," ucap Menpora.

Akhirnya publikpun mengapresiasi Menpora dalam membantu izin laga Timnas Indonesia. Hal tersebut terlihat dari komentar netizen di Twitter seperti: 'Alhamdulillah #MenporaTurunTangan bantu PSSI kantongi izin untuk pertandingan timnas , kangen banget pengen nonton bola Wajah menangis kencang , thank pak zainudin yang selalu berikhtiar untuk kebahagiaan pecinta olahraga tanah air , sehat selalu buat bapak'

"Alhamdulillah hari demi hari banyak hal terjadi demi terwujudnya kembali kompetisi sepak bola Indonesia. #MenporaTurunTangan #AyoMainLagi"

'Ternyata uji coba timnas U-23 itu jadi stimulasi piala menpora 2021 loh, keren euy #MenporaTurunTangan'

Begitulah ungkapan rasa kebahagian netizen pencita olahraga dan Timnas Indonesia, apalagi melihat Menpora secara langsung turun tangan dalam mendapatkan izin untuk pertandingan tersebut.