Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melihat Gelangan Partai Demokrat di Tahun 2024

Melihat Gelangan Partai Demokrat di Tahun 2024

Kepoingue.com - Partai Demokrat menjadi perhatian publik akhir-akhir ini, selain masalah KLB adapula masalah Polikit Dinasti. Hal ini membuat banyak sepekulasi diberbagai pihak termasuk gelang politik Demokrat di Tahun 2024. 

Bukan tanpa imbas, polemik yang diciptakan oleh anggota Partai Demokrat membuat kepercayaan publik menurun. Tentunya sebagai salah satu partai besar, dan berperestasi dalam bidang politik dengan terbukti mampu memegang kekuasaan selama sepuluh tahun lamanya. 

Tentunya dengan ambisi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tidak menutup kemungkinan mengusung ketua umum saat ini yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi bakal calon Persiden atau calon wakil Persiden. Menurut Lembaga Survei Indonesia (LSI) nama AHY masuk dalam perhitungan sebagai calon Persiden, namun siapakah yang mampu mewakilinya. 

Dalam beberapa sesi, AHY sudah mulai bermanuver ria untuk menggaet banyak perhatian publik dan beberapa tokoh publik. Nama Anies Baswedan (Anies) memang santer terdengar untuk menjadi wakil dari AHY, akan tetapi pada dasarnya politik membutuhkan mesin politik maka sedikit banyaknya Anies dikucilkan dari persilatan pilpres 2024. Namun, beberapa partai secara terang-terang mendukung Anies maju menjadi Presiden dan Wakil Persiden di Tahun 2024 seperti Partai Keadilan Sosial (PKS), PAN, NASDEM, BERKARYA, hingga Demokrat. 

Tentunya sangat bagus apabila Anies dan AHY maju menggunakan kendaraan tersebut, apalagi dipadu padankan dengan menggunakan politik identitas dan juga lainnya. Walaupun demikian, apakah Demokrat masih memiliki taring dan gelanggan di Tahun 2024? 

Beberapa pakar politik berangapan bahwa Demokrat masih memiliki taring untuk maju di Tahun 2024, sayangnya jika dikalkulasi secara matematika politik maka akan sedikit sekali kekuatan tempurnya. Ditambah dengan melawan nama-nama besar seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Puan Maharani, hingga Moeldoko. 

Setidaknya, pesepsi publik menilai bahwa di Tahun 2024 akan lebih terasa panas apalagi calon-calon merupakan orang-orang yang sangat dipercaya oleh publik. Namun, gelang demokrat tetaplah menjadi ambisi baik SBY ataupun AHY.