Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Heboh Anies Baswedan Jadi Presiden 2024, Siapakah Partai Pendukungnya?

Heboh Anies Baswedan Jadi Presiden 2024, Siapakah Partai Pendukungnya?

Kepoingue.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di isukan untuk mencalonkan Persiden di tahun 2024. Tentunya sangat wajar mengingat, Anies Baswedan memiliki modal politik yang baik yaitu mengelola kata-kata, namun siapakah yang mampu mendukung Anies Baswedan. 

Jika berkaca,pada pemilu 2017 saat melawan Basuki Tjahja Purna atau Ahok (BTP). Anies sangat mungkin didukung oleh beberapa ormas besar dan juga partai besar, tentunya ormas tersebut tidak bisa jauh dari kelompok fundamentalis seperti Front Pembela Islam (FPI), Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), dan beberapa ormas Islam fundamentalis lainnya. 

Sayangnya, dukungan ormas tidaklah begitu kuat jika dibandingkan dengan dukungan Partai yang siap menjadi mesin politik. Kedekatan Anies Baswedan dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) patut diperhitungkan, terlebih PKS mendukung Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta. 

Selain PKS, terdapat nama-nama partai pendukung lainnya, walaupun sekarang masih secara sembunyi-sembunyi alias kucing-kucingan seperti Nasdem, PAN, Berkarya, dan Demokrta jika menguntungkan. Sebenarnya nama besar Anies Baswedan tidak mampu mengerek popularitas jika dibandingkan dengan Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Puan Maharani. 

Menurut Lembaga Suvei Indonesia, nama Anies Baswedan menempati urutan 10 besar bakal calon Presiden dan Wakil Persiden 2024. Hanya saja, pendukung Anies Baswedan tidaklah terlalu banyak dan masih dalam lingkaran yang sama yaitu masyarakat fundamentalis. 

Berbeda dengan nama-nama besar lainnya, yang mengusung nilai Nasionalis Demoratis dan Religius. Jika berkaca pada masyarakat Indonesia, nilai relegius menempati posisi kesekian dibandingkan dengan Nilai Nasionalis, Patriotis, dan Demokrasi. Jika mengacu pada politik masyarakat urban, keterbukaan dan penciptan lapangan kerja adalah hal yang mutlak bagi calon Persiden ataupun wakil Persiden untuk mendapatkan perhatian. 

Akhir kata, Anies Baswedan yang memiliki seribu gaya berbahasa dan menata kata tidaklah mampu untuk bertarung melawan nama-nama besar lainnya, jika tidak memiliki pendukung ataupun mesin partai. Namun, beberapa prediksi pengamat politik Indonesia mengatakan bahwa setidaknya politik Identitas (Kepercayaan) menjadi menu sajian utama dimainkan oleh kelompok-kelompok fundamentalis di tahun 2024.