Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ganjar Pranowo atau Prabowo, Siapakah Yang Lebih Kuat?

ganjar pranowo vs prabowoKepoingue.com -Pemilihan Presiden Tahun 2024 mendapatkan perhaatian banyak orang, apalagi banyak nama-nama besar. Diantara banyaknya nama tersebut, ada dua nama yang menonjol seperti Gubernur Jawa Timur, Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahan Prabowo Subianto. Namun, siapakah yang lebih kuat diantara keduanya?

Banyak rumor mengedapankan, bahwa Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan diusung langsung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), hal tersebut didukung dengan aktifnya relawan Ganjar yang notabene memang orang-orang loyal terhadap PDIP, sedankan Ganjar sendiri merupakan kader terbaik dari partai berlogo banteng bermoncong putih tersebut.

Tentunya, akan memudahkan Ganjar menuju RI 1 (Presiden) jika didukung secara totalitas mengingat PDI-P sudah hampir 10 tahun sebagai partai penguasa, sedangkan lawan-lawanya merupakan banyak dari partai oposisi. Diantara nama lawan tersebut terdapat nama Menhan Prabowo, yang merupakan pememilik partai besar seperti Partai Gerindra.

Akan tetapi, tidak mudah untuk Prabowo maju kembali ditahun 2024 mendatang. Mengingat bahwa loyalitas pendukung Prabowo sudah semakin terpecah dan terkotak-kotak, terlebih bahwa Prabowo merupakan orang yang melupakan janji kampanye saat melawan presiden Jokowi Dodo, saat pemilu tahun lalu.

Menurut survei Indometer menunjukkan elektabilitas Prabowo sebesar 17,2%, setelah sebelumnya sempat turun dari 17,6% pada survei Juli 2020 menjadi 16,8% pada survei Oktober 2020. Sedangkan, elektabilitas Ganjar saat ini sebesar 15,9%, setelah sebelumnya naik dari 15,4% pada Juli 2020 menjadi 16,5% di Oktober 2020. Akan tetapi, survei ini merupakan survei sementara dimana hanya sekadar pangungung untuk menganalisa calon-calon presiden 2024.

Beberapa komunitas baik dipulau jawa maupun pulau lainnya di Indonesia, secara sukarela membentuk komunitas untuk mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden Tahun 2024. Komunitas ini merupakan wadah awal, serat menumbuhkan rasa solidaritas antar sesama demi mendukung Ganjar Pranowo. Dengan demikian, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto sama-sama orang yang diusulkan oleh masyarakat menjadi Presiden tahun 2024 sebagai penganti Presiden Jokowi Dodo.