Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FPI Diisukan Jadi Sarang Kelompok Teroris

Terduga Teroris Eks Anggota FPI Makasar


Kepoingue.com
- Sekali lagi Eks Ormas Front Pembela Islam (FPI), menjadi permbincangan publik serta dunia maya. Pasalnya polisi baru saja, menetapkan 19 tersangka teroris berasal dari ormas tersebut. Alih-alih membersihkan nama organisasi, FPI kini diisukan menjadi sarangnya kelompok teroris.

Hasil penangkapan terduga terorisme oleh kepolisian dan Densus 88 di wilayah Maksar, akhirnya dibawa terbang langsung ke Jakrta. Setidaknya, ada 19 orang yang merupakan kelompok radikal langsung ditangani oleh Mabes Polri, untuk mengamani tersangka dan juga barang bukti terkait tindak pidana terorisme.

Dikutip dari laman ‘detik’ yang dipublikasikan pada Kamis 04 Februari 2021 dengan judul “ 19 Tersangka Teroris Dibawa Ke Jakarta, Polisi: Semua Anggota FPI Makasar” . Polisi menangkap 16 orang berjenis kelamin laki-laki dan 3 berjenis kelamin perempuan, menurut penuturan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol Zulfan "Semuanya itu adalah anggota FPI," katanya.

"Ini ancaman hukuman mereka seumur hidup. Sudah diterbangkan semua ke Mabes Polri,"lanjutnya. Hak tersebut mengacu pada Undang-Undang Terorisme, walaupun demikian polisi memastikan keamanan Sulsel, aman dan juga terkendali dari penyerbuan kelompok-kelompok terorisme yang berbait langsung kepada Islamic State Iraq and Syria (ISIS/ISIL) Pimpinan Abu Bakar Al Baghdadi.

Menurut kesaksian salah seorang kelompok teroris, yang ditangkap di Sulsel tersebut mereka telah melakukan pembaiatan atau sumpah setia kepada pemimpin teroris kelas dunia dan juga kelompok saparatis yang paling dicari-cari oleh Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Jadi mereka berbaiat ISIS pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi di tahun 2015," imbuhnya Kombes Pol Zulfan. Polisi mengatakan pembaiatan itu dihadiri oleh sejumlah pimpinan FPI termasuk Munarman dan lainnya. "Tahun 2015 itu ada pembaiatan di Limboto. Pembaiatannya waktu itu sama anggota FPI," tuturnya kembali.

Tersebar video pengakuan salah satu terduga kelompok teroris, berinisial AA menyebutkan bahwa pembaiatan tersebut turut disaksikan oleh Sekjen FPI Munarman. Namun Munarman menepis isu miring tersebut dengan mengatakan suka-suka meraka secara singkat. Dilain pihak, Kuasa Hukum FPI, Aziz Yanuar FPI tidak mengenal dan tidak mengetahui sosok AA tersebut ‘ Yang jelas, kami tidak tahu ya’ tuturnya.

Jika sebelumnya, ditahun 2020 polisi mengelandang sebanyak 35 orang kelompok teroris yang berafiliasi secara langsung kepada kelompok Jamaah Islamiyah (JI), diketahui berlatar belakang sebagai anggota FPI aktip. Jika ditotalkan, setidaknya ada 55 orang terduga teroris yang berasal dan diduga menjadi anggota ormas FPI, tetunya publik menunggu hasil pemeriksaan polisi untuk mengkonfirmasi apakah FPI jadi sarang kelompok teroris.

 Penulis: Mas Aka