Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online 2021 Terlengkap Dan Mudah

cara daftar kartu pra kerja

Kepoingue.com - Pemerintah kembali membuka peluang bagi masyarakat Indonesia, untuk melakukan pra pelatihan sebelum memasuki dunia kerja. Hal tersebut ditandai dengan dibukanya kembali pendaftaran kartu pra kerja tahun 2021. 

Antusiasme masyarakat dalam program Presiden Jokowi Dodo ini, setidaknya sekarang kartu pra kerja masuk pada tahap 12 (gelombang ke-12) dimana masyarakat yang ingin mendapatkan pekerjaan, bisa menerima keuntungang dengan melakukan kursus tertentu sebelum menjadi pekerja tetap. 

Berikut Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online 2021 Dengan Mudah

1. Membuat akun kartu Prakerja . Masuk ke website www.prakerja.go.id lalu klik 'Daftar' Masukkan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru. 

2. Cek e-mail masuk (gmail, yahoo, dll).Website Pra Kerja akan mengirimi kamu tautan mengkonfirmasi pendaftaran kartu, selajutnya silah cek email dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk konfirmasi yang masuk pada inbok (kotak masuk) akun e-mail, selanjutnya konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs Prakerja 

3. Lengkapi data diri, setelah konfirmasi akun prakerja dan memiliki akun Pra Kerja 2021, pemilik akun perlu melengkapi data diri. 

4. Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, isilah data diri sesuai dengan KTP terdaftar pada pencatatan sipil (dukcapil), mulai dari nama lengkap, alamat email, alamat tempat dan tinggal, alamat domisili, pendidikan, status pekerjaan, foto KTP, nomor telepon dan kode OTP yang dikirim melalui SMS.

5. Mengikuti tes online yang ditujukan kepada setiap pendaftar baru kartu pra kerja. Tes awal berupa tes motivasi dan kemampuan dasar setiap pendaftar, berikut bocoran yang harus diketahui: Tes kemampuan dasar selama 15 menit secara online berupa pertanyaan seputar kemampuan dasar, bisa berupa pertanyaan tentang pelajaran ataupun lainnya, setiap akun akan mendapatkan pertanyaan yang berbeda-beda. 

6. Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu tunggu e-mail pemberitahuan dari pihak Kartu Prakerja, setelah menyelesaikan tes maka kamu akan mendapatkan email berupa pemberitahuan. Selanjutnya masuk kembali ke situs dan pilih untuk bergabung ke gelombang pendaftaran yang sedang dibuka, seperti saat ini Gelombang ke-12 Pra kerja telah dibuka. 

Mampaaf Yang Bisa Dimiliki Oleh Pendaftar Kartu Pra Kerja 2021

Sejauh penelusuran kami, setiap pendaftar kartu Pra Kerja pada setiap gelombang nya diberikan berbagai mamfaat dari pemerintah melalui kementerian. Berikut yang dapat kami telusuri secara langsung

1. Diberikan Insentif berupa uang sebesar Rp 600.000 (Enam Ratus Ribu Rupiah) untuk setiap orang yang berhasil mendaftar dan lolos pada seleksi pendaftaran gelombang kartu pra kerja. Insentif ini diberikan selama 4 bulan, setelah calon menyelsaikan pelatihan, insentif akan di transfer langsung kepada pendaftar kartu pra kerja ke rekening yang didaftarkan. 

2. Uang survey keberkerjaan sebesar Rp 50,000 (Lima Puluh Ribu Rupiah) untuk tiga kali survey, untuk 2021 uang secara total hanya 50 ribu dan telah diatur oleh revisi peraturan yang ada. 

3. Mendapatkan pelatihan pra kerja dari perusahaan dan trainer profesional, sejauh ini kami melihat setidaknya ada beberapa perusahaan yang cukup terkenal diantaranya seperti, Tokopedia dan Go-jek

4. Memiliki pelatih sesuai dengan wilayah domisili (tempat tingal, bisa Provinsi atau Kabupaten) sehingga kamu tidak perlu keluar kota untuk melakukan pelatihan pra kerja 2021. 

5. Kelas pelatihan berbasis online dan offline, kerena kemajuan dan inovasi Prakerja.go.id membuka berbagai kelas online maupun offline untuk mempermudah kamu mendapatkan materi pelatiha, tentunya sangat cocok mengingat sekarang sedang dalam kondisi Covid-19.