Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Produk Jualan di Marketplace Dilihat Banyak Orang

cara agar marketplace dilihat banyak orang

Kepoingue.com - Berjualan di era sekarang tidak semudah sebelumnya. Ketersedian teknologi yang mendukung membuat pelanggan tidak lagi datang ketoko secara langsung, namun sudah beralih pada era marketplace. Sayangnya tidak berjualan online mengharuskan pemilik toko menarik banyak orang agar terjadi konversi penjualan di marketplace tersebut.

Penulis yakin bahwa banyak dari kita (pemula) yang susah mendapatkan penjualan di toko online yang dimiliki. Apalagi, kamu masih awam untuk mendatangkan jumlah trafik yang banyak ketoko kamu sendiri. Hal tersebut sudah dialami oleh penulis sendiri, setidaknya sebagai orang yang otodidak belajar jualan online menggunakan berbagai online store seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak termasuk yang lagi booming adalah Facebook Marketplace.

Secara pengalaman, untuk mendapatkan penjualan 1 kali dalam satu bulan merupakan berkah tersendiri. Akan tetapi, pengalaman tersebut akan saya tulis dan tidak ditutup-tupi di dalam tulisan ini. Setidaknya agar jualan laris di Facebook Marketplace dan Marketplace lainnya membutuhkan trik khusus agar mendapatkan penjualan setiap hari.

Cara Jualan Laris di Facebook Marketplace Untuk Pemula

1. Perbarui deskripsi toko
Dengan memperbarui deskripsi membantu agar mesin pencarian Facebook mengenali toko kamu saat calon pembeli mengetikan judul produk.

2. Lengkapi Deskripsi dan Foto Produk
Melengkapi deskripsi produk merupakan kewajiban agar pembeli percaya dengan apa yang kamu jual. Selanjutnya gunakan foto produk yang berkualitas baik sesuai keinginan kamu, namun sangat disarankan untuk memilih foto dengan baground warna putih polos. Hal tersebut membuat sisi lain produk terlihat dengan baik.

3. Memberikan harga yang terjangkau
Harga yang baik dan terjangkau oleh pembeli akan memberikan kesan tersendiri bagi pembeli. Terlebih jika kamu bisa memberikan diskon ataupun gratis ongkos kirim setiap produk kamu.

4. Memiliki berbagai pilihan kurir pengiriman
Opsi (Pilihan) kurir yang digunakan mempresentasikan bahwa kamu mengelola toko secara profesional dan juga bertanggung jawab atas apa yang terjadi dikemudian hari saat pengiriman. Sebaiknya, kamu memberikan catatan pada setiap deskripsi produk seperti jamin garansi, tukar produk atau lainnya. Tidak perlu bermulut manis atau alay dalam menulis deskripsi agar tidak miss komunikasi dengan pembeli kamu.

5. Gunakan Fitur Facebook Marketplace
Jika di Shopee mendapatkan kesempatan menaikan produk setiap 4 Jam sekali. Maka kamu bisa menggunakan hal tersebut di Facebook Marketplace namun memerlukan waktu 4 hari atau satu minggu sekali untuk setiap produk yang kamu jual di marketplace.

6. Tetap melayani pembeli sebagai raja
Pepatah ini memang terdengar sangat memaksakan untuk penjual tunduk kepada pembeli. Namun, bagi penulis respon yang baik akan membawa pembeli tersebut kembali membeli produk lainnya, ataupun membeli produk dengan jumlah yang lebih banyak. Begitulah prinsip jual beli pada dasarnya, sehingga sangat relevan untuk digunakan hingga saat ini.

7. Memberikan program promo
Salah satu dari sekian banyak teknik berjualan laris manis klasik yang masih digunakan adalah promo. Program promosi sebenarnya ada banyak bentuk bisa menggunakan potongan harga atau diskon, potongan ongkos kirim ataupun cashback.

8. Mengoptimasi Tag atau Judul
Poin ini sengaja diletakan oleh penulis dalam urutan kedelapan, alasannya kerana bermacam-macam namun penulis mengambil kesimpulan bahwa penjual pemula ataupun yang sudah mahir sudah mengerti bagaimana memilih judul produk yang akan dijual. Namun, judul yang lengkap dan memiliki nilai jual akan memiliki konversi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan orang yang asal-asalan membuat judul.

Dengan demikian, tips diatas setidaknya akan memberikan kamu opsi dari sekian banyak tips dan trik laris manis berjualan di Facebook Marketplace. Akan tetapi, penulis lebih menyarankan akan konsistensi dalam berjualan dan mengoptimasi facebook markatplace supaya produk kamu banyak dilihat oleh pembeli.