Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Menulis Ampuh Dengan Menggunakan Metode Cornell

Sebagai siswa atau siswa, itu mungkin tidak lepas dari nama tulisan. Meskipun, saat ini, teknologi dalam pendidikan sangat berguna dalam proses pembelajaran. Namun, menulis dengan tangan Anda tidak akan ditinggalkan untuk saat ini. Karena pada beberapa kesempatan, tulisan tangan sangat diperlukan, sebagai pencatatan pelajaran saat berada di kelas.
Metode Cornell
Ilustrasi dalam kelas | Edumor

Alkitab adalah aktivitas salinan dalam media menggunakan alat. Biasanya, sarana yang digunakan adalah buku dan alat untuk ditulis adalah pena. Tulis sebagian besar membantu siapa pun dalam menyalin hal-hal penting sehingga mereka bukan untuk kaum muda.

Sayangnya, saat ini siswa / siswa hanya dapat menulis, tetapi kurang dapat memahami isi penulisan apa yang mereka tulis. Ini adalah salah satu masalah yang sering terjadi dalam hidup kita.

Oleh karena itu, ada panduan yang dapat dilakukan siswa atau siswa. Dengan ini Anda dapat menulis sementara mereka memahami apa yang mereka tulis.

Menulis dengan menggunakan Metode Cornell


Apa itu Metode Cornell? Metode Cornell atau Cornell Manner adalah metode yang dikembangkan oleh seorang profesor (pengajar) yang bernama Walter Pauk di Universitas Cornell. Dia menjelaskan metode ini di dalam bukunya yang berjudul “How To Find out about In College”.

Metode Cornell ini diyakini dapat membantu siswa atau mahasiswa dalam memahami tulisan dari apa yang mereka tulis. Dalam metode ini, Walter Pauk menerapkan cara menulis pada sebuah halaman. Ada 3 bagian penting yang bisa dibagi dalam satu halaman. Ketiga bagian ini merupakan unsur-unsur dari materi yang akan kita tulis.
Metode Cornell
Metode Cornell | Pinterest


  1. House Mencatat (Apply Taking House)


Dibagian ini, kita bisa menulis penjelasan dari apa yang dijelaskan guru atau dosen. Catat seperti biasa, misalnya dalam membuat poin-poin atau define.

  • Kolom Petunjuk (Clue Column)


Dibagian ini, kita bisa menuliskan beberapa hal seperti:

  • Kata kunci atau key phrases, yaitu menulis ide utama dari materi.

  • Diagram atau gambar.

  • Pertanyaan atau query yang kemungkinan akan muncul.

  • Atau hal lain yang bisa menjelaskan materi dari apa yang kita catat di House Mencatat.

  • Ringkasan (Abstract)


Ringkasan bersisi ide utama atau ide pokok dari apa yang kita catat. Dengan adanya ringkasan, kita bisa menghemat waktu dalam pencarian suatu informasi. Membuat ringkasan dapat mempermudah kita memahami isi catatan dari apa yang kita tulis.


Metode Cornell | Karya Pribadi

Baca Juga Lirik Lagu Put a Little Love on Me – Niall Horan dan Terjemahan

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan Metode Cornell, diantaranya:

  1. Mencatat secara lebih terorganisir atau tersusun rapih.

  2. Mempercepat dalam pencarian informasi menggunakan kata kunci.

  3. Membuat kita bisa lebih memahami ide utama ataupun informasi dari apa yang kita tulis.


Dengan menggunakan Metode Cornell ini, diharapkan siswa atau mahasiswa yang kurang memahami materi dari apa yang mereka catat. Bisa lebih mudah memahami tulisannya. Ini adalah salah satu cara dari beberapa cara yang bisa diterapkan dalam memahami tulisan. Semoga bermanfaat!