Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taman pemuda Pratama, Taman kota ramah anak

Taman pemuda pratama hampir beberapa minggu sekali aku tak luput mengunjungi taman ini.


Taman pemuda pratama menjadi salah satu tempat bermain nan eksotis untuk anak-anak dan orang tua, taman ini baru di resmikan tanggal 3 februari 2018, taman yang terletak di jalan Sairin Rt 1 Rw 11 kelurahan Tanah Baru, Beji Depok. Kehadiran taman ini mengundang antusiasme pengunjung.

Di taman ini ada berbagai wahana yang dapat di nikmati secara gratis maupun dengan tarif salah satu wahana yang dapat di nikmati dengan gratis adalah playground berupa panjat tebing dan ayunan untuk anak-anak.

Selain wahananya yang seru taman ini juga bersih dan rapi serta penjaganya sangat ramah tamah terhadap pengunjung, sungguh mengasyikan bukan.

Tujuan di bangunya taman pemuda pratama ini adalah sebagai dukungan kepada pemerintah depok yaitu program Kota Layak Anak (KLA), dengan demikian akan menjadi sinergritas antara warga dengan pemerintah yang menjadikan taman pemuda pratama sebagai sarana bermain yang ramah anak.

Taman ini buka setiap hari selasa-minggu pukul 07:00 – 17:00 WIB. Selain dua wahana yang telah aku sebutkan tadi di taman ini juga ada rumah kelinci cocok banget untuk anak-anak yang suka kelinci, ada juga kolan berenang bagi anak-anak yang suka berenang atau sekedar bermain air dan bercengkraman dengan keluarga.
Tapi untuk berenang di sini ada tarif tertentu yang harus di bayar oleh pengunjung,

Tenang tarifnya pun terjangkau kisaran 10.000 sampai 15.000.  di taman ini ada juga kolam ikan yang di buat secantik mungkin yaitu di buat dalam bentuk selokan-selokan yang mengelilingi area bermain ini dengan ribuan ikan yang di letakan dalam selokan tersebut, di sini anak-anak juga dapat memancing ikan dengan membayar sejumlah tarif tertentu, dan di dekat selokan-selokan di sediakan tempat duduk jadi kita bisa bersantai sambil melihat ikan yang berlengak-lenggok dengan cantik

Nah ada juga wahana yang mungkin jarang ada di tempat-tempat bermain lainya, yang aku sebutkan di atas sunnah rosul di taman bermain, yaitu tempat panahan, yap benar taman ini menyediakan lahan untuk anak-anak, dewasa, dan orang tua untuk bermain panahan salah satu olahraga yang di anjurkan rosulullah, olahraga ini juga bisa untuk kesehatan, latian pernafasan, latiah kosentrasi, dan latian kekuatan otot lengan. Olahraga panahan ini di bandrol dengan tarif sekitar 20.000 sampai 25.000 sekali main sudah dengan busur dan anak panah yang di sediakan oleh taman bermain murah bukan terjangkau pula. 
Teman ku pernah bilang kalau di taman ini ada dua lokasi bermain panahan yang pertaman khusus untuk para pemula dan yang kedua khusus untuk para atlit, tapi yang sering aku gunakan tempat untuk para pemula

Namun jika kita sedang beruntung ada juga salah satu pengurus taman ini yang membawa kuda untuk di sewakan kepada para pengunjung sebagai alternatif belajar berkuda, berkuda pun di bandrol dengan tarif yang terjangkau sama dengan panahan.

Dan untuk para pecinta trecking di taman ini juga di sediakan motor ATV untuk di pakai berkeliling menyusuri taman bermain. Bermain motor ATV ini di kenakan tarif sekitar 15.000 sampai 20.000 sekali putaran, seru tentunya dapat menyusuri taman dengan motor ATV. Ada beberapa wahana lagi di tempat ini seperti paintball, bermain paintball di sini sangat seru kita bisa beraksi layaknya militer atau penembak jitu, tempat bermain paintball pun sudah terbilang nyaman dengan fasilitas yang sudah di sediakan pihak taman keren tentunya wahana ini, selain wahananya yang bejibun di taman ini fasilitasnya juga tak kalah menarik seperti, lahan parkir yang memadai, area gazebo yang luas dan nyaman bisa untuk tiduran atau acara reunian, mushola dan toilet yang bersih dan nyaman, ada juga stasiun radio Bina Swara di dalam area taman. 
Di sini juga ada sarana taman baca dengan berbagai buku untuk menambah wawasan anak-anak dan orang tua.

Aku pun berkunjung kesini hanya menikmati wahana panahan dan taman baca saja untuk sekedar bersantai sambil melihat tawa riang anak-anak. Tetapi ada larangan tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar taman ini, tapi tenang pengunjung tidak akan kelaparan dan kehausan karena di taman ini tentunya menyediakan makanan dan minuman bagi para pengunjung. Ada maksud lain dari berlakunya peraturan itu, yaitu untuk tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan taman bermain ini.

Tapi peraturan ini belom efektif karena aku masih sering melihat beberapa orang tua yang kedapatan sedang menyuapi anak-anaknya di area taman.
Terlepas dari peraturan itu taman ini sudah termasuk taman yang memadai dan sepaktakuler menurut ku.

Selain dapat bermain dan bercengkraman bersama keluarga kita juga dapat olahraga yang di sunnahkan oleh Nabi seperti panahan,berkuda, dan berenang, paket komplit banget. Gak nyesel pokonya berkunjung ke taman ini

Ditulis : Anas Alif Videya